Total Tayangan Halaman

Senin, 26 April 2010

HASIL RAPAT DKM 17 APRIL 2010

HASIL RESUME RAPAT DKM , Sabtu 17 April 2010


Alhamdulillah , hasil rapat DKM yg berlangsung mulai jam 20.00 WIB hingga jam 22.30 WIB menghasilkan beberapa rumusan dan kesepakatan , serta beberapa pemaparan dari peserta rapat.

Rapat juga dihadiri oleh Bpk. Farid Ir'fai ( Ketua RW 12/Pembina DKM ) , Ketua DKM beserta pengurusnya , dan perwakilan semua RT ( RT 01 s/d 09 ) . Acara dibuka oleh Bpk. Subhana ( Sekretaris ) kemudian dilanjutkan sambutan dari Bpk. Nurkholik ( Ketua DKM ) dan Bpk. Faird Irfa’I ( Ketua RW 12).
Pembahasan pertama , diisi dengan pemaparan /penyampaian program kerja ( rencana ) dari beberapa Pengurus DKM dan Seksi-seksi , sekaligus perkenalan.


Sekretaris DKM
Diawali dari Sekretaris ( admin ) menyampaikan beberapa program kerja yaitu mengenai publikasi DKM Al- Muhajirin yg sudah memiliki blog ( website ) sebagai media komunikasi dan informasi terkini mengenai kegiatan dan perkembangan DKM Al-Muhajirin, disamping menyampaikan tugas-tugas harian sebagai administrasi , surat menyurat DKM.
Bendahara DKM
Disampaikan oleh Bpk. Slamet , untuk memudahkan perlu adanya rekening di Bank Syariah sehingga dana/kas DKM akan dibagi menjadi 2 , yaitu Dana Kas Operasional dan Dana Kas Rekening. Hal ini bertujuan untuk memberikan akses untuk para Donatur memberikan infaq atau shodaqohnya melalui rekening bank secara On Line . Untuk Dana Operasioanal akan dipegang langsung oleh Bendahara .
Seksi Pembangunan dan Sarana
Penyampaian ketiga dilanjutkan oleh Bpk. Dodo Syuhada selaku seksi Pembangunan dan Sarana menyampaikan beberapa program atau bisa dibilang proyek pembangunan, diantaranya :
1. Pembangunan Gudang ( tempat penyimpanan inventaris DKM dan perlengkapan lainnya ) .
2. Pembuatan Plang Nama Masjid ,yg terdiri dari Plang Utama yg akan dibangun di depan Masjid secara permanen . dan satu lagi usulan dari Bpk. Abdul Rahman untuk membuat plang Masjid sebagai petunjuk jalan di depan gerbang Puri Persada Indah. Seperti : 200M Masjid .
3. Pembuatan sekretariat DKM
4. Pengembangan bangunan samping Utara dan Selatan dan Belakang Masjid
Dari 4 perencanaan yg akan diprioritaskan yaitu pembuatan Plang Nama Masjid dan Pembuatan Gudang.
Seksi Dana
Disampaikan oleh Bpk. Sabarudin, akan melanjutkan program yg sudah berjalan yakni melakukan penarikan infaq dari warga setiap bulannya. Seksi dana dalam hal ini hanya memfasilitasi warga , bukan memaksa . Namun kendala yg dilapangan masih ada mengenai penetapan tanggal yg seragam dari semua RT , sehingga bisa dilakukan secara efektif. Berkenaan dengan itu Seksi dana juga akan bekerja sama dengan Buletin Dakwah sebagai media untuk iklan dan promosi dan Wira Usaha .

Seksi Peribadahan dan Pendidikan
Disampaikan oleh Bpk. Ust. Tantowi menyampaikan beberapa program yg baik yg sudah berjalan maupun yg akan berjalan. Diantarnya masih mengenai Kajian Bulanan DKM yg masih perlu ditingkatkan lagi mengenai jumlah jama’ahnya . Dirasakan masih kurang jamaah yg hadir dalam kajian Kitab ini.
Mengenai program PHBI ( Peringatan Hari Besar Islam ) sudah dilakukan dengan baik dan kedepannya perlu di adakan semacam Tabligh Akbar menjelang Idul Fitri ( Halal Bil Halal ) kemudian BTQ ( Baca Tulis Qur’an ) , Kajian Aqidah dan Ahlak untuk Anak-anak dan remaja . Serta Madrasah Diniyah dan Auliyah .
Kamtib dan Kepemudaan
Disampaikan oleh Bpk. Sisworo , kegiatan yg sudah dilaksanakan yaitu mengenai ketertiban jamaah anak-anak ketika sholat berjamah Maghrib dan Isya’ secara umum sudah berjalan dan perlu adanya evaluasi lagi , sehingga anak-anak terbiasa disiplin dan tertib saat menjalankan sholat berjamaah di masjid secara khusyu’. Untuk kajian Remaja Masjid khususnya yg Putra akan diadakan setiap Ahad pagi secara rutin. Sehingga Remaja Muslim di Puri ini bisa menjadi penerus generasi orang tuanya. Pemuda yg disiplin , berilmu dan berahlak Islami.

Humas
Sehubungan untuk pengurus DKM seksi Humas pada saat yg sama terkena shift di PT nya masing-masing, jadi untuk penyampaian dilanjutkan ke seksi berikutnya .

Seksi Wira Usaha
Pada saat yg sama , perwakilan dari seksi tsb tidak berkenan hadir, sehingga penyampaian diwakilkan oleh Ketua DKM.
Wira Usaha sebagai seksi yg baru di kepengurusan DKM , ditujukan untuk memberdayakan Masjid ini sebagai sarana yg kaya akan Ilmu Agama, Sehingga selain menghasilkan tambahan kas Masjid dari penjualan buku-buku Islam, Kitab, Kopyah( Peci ) , Mukena , Obat-obatan Herbal, dll.
Hal ini bisa menjadi Alternatif untuk Masjid dalam membangun sarana dan prasarana tidak perlu lagi mengandalkan dari Infaq yg diedarkan keliling dari rumah-ke rumah.
Dapat juga bekerja sama dengan sponsor dan donatur yg memiliki akses bisnis Islami. Sehingga kedepannya DKM akan memiliki Koperasi Syariah atau BMT ( Baitul Maal wa Tamlil ) yg kuat. Yg berlandaskan Ekonomi Syariah.
Pembahasan AD/ART DKM
Acara dilanjutkan ke pembahasan AD/ART DKM , diawali dengan membagikan draft AD/ART yg diambil dari berbagai sumber dan masukan . Ada beberapa yg harus dikoreksi dari pendapat dan pemaparan peserta Rapat , seperti masa Kepengurusan DKM diputuskan 5 tahun dari sejak dibentuknya kepengurusan, Selain itu untuk merapihkan dan tertib Administrasi diharapkan AD/ART ini harus Proposional. Tugas dari Sekretaris dan Ketua untuk meralat dan mengkoreksi beberapa pasal .


Di akhir acara , ditambahkan mengenai tugas yg paling pokok untuk Sekretaris yakni membuat surat/berkas-berkas IMB ( Izin Mendirikan Bangunan ) Masjid Al- Muhajirin. Tugas ini dilaksanakan berkoordinasi dengan Panitia Pembangunan Masjid yg terdahulu yakni dengan Bpk. Abdul Rahman , Bpk. Junaedi , dan Bpk. Edi. Untuk pengurusan Administrasi ke Pemda Bekasi .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar